Pernyataan Editorial

Siapa kami
Anarkis.org adalah organisasi media seputar ide-ide anarkisme. Media ini menyediakan informasi dan ruang bagi siapa saja yang hendak mendiskusikan wacana maupun praktik anarkisme, khususnya di Indonesia.
Kami juga menyediakan ruang untuk berbagi suplemen literatur dalam berbagai bentuk (buku, pamflet, poster, dll.) yang bisa diakses secara bebas oleh siapapun. Dan sebaliknya, siapapun bisa mengirimkan literatur yang dimiliki untuk disebarluaskan melalui kanal pustaka.anarkis.org.
Posisi kami
Dalam heterogenitas tendensi anarkisme yang ada, kami tidak mengidentifikasi diri dengan tradisi anarkis tertentu. Titik awal ini tidak perlu diarahkan untuk mencapai titik akhir. Kami percaya bahwa sekian banyak pilihan tendensi dan metode yang tersedia dapat digunakan dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Perbedaan bukanlah suatu kecacatan namun kekayaan yang harus dirayakan. Karenanya kami menolak untuk meratakan keberagaman pandangan ini dengan ilusi “persatuan”.
Dengan asas voluntaristik, kami percaya bahwa model pengorganisiran melalui serikat pekerja, majelis rakyat, dewan pekerja, atau asosiasi bebas individu per individu bisa dikerjakan bebarengan, bukannya saling sikut. Kesepakatan dicapai melalui dialog dan, jika perlu, perselisihan yang keras – sebab penerimaan secara pasif dan homogenitas dapat mengubah sebuah gagasan cemerlang menjadi dogma yang kaku.
Kami percaya sosialisme harus dimulai dari bawah – dari akar rumput – entah itu dengan sebuah organisasi platformis, insureksi spontan,atau dengan metode kreatif lainnya yang belum pernah diujicoba, yang pasti: bukan dengan slogan dan jargon semata.
Mereka yang tidak sepakat dengan keberagaman gagasan ini dapat memutuskan untuk tidak terlibat salah satu diantaranya tetapi, kami harap, dapat terus merajut solidaritas dari berbagai tradisi dan diversifikasi metode tersebut.
Peran kami tidak berhenti untuk membuat gagasan-gagasan anarkis diterima dan dipraktikkan saja. Lebih jauh lagi, kami berkehendak untuk menampung diskusi tanpa akhir dan mewadahi tradisi ekstrim individualis, kolektifis, hingga komunalis, dan memastikan bahwa diskusi ini menghasilkan kesimpulan yang relevan dengan situasi zaman.
Semua usaha ini ditujukan untuk menyambut kehancuran hierarki, koersi, dan kapitalisme.