Kate Sharpley Library: Obituari Stuart Christie

Tulisan Kate Sharpley Library obituari untuk Stuart Christie.

Stuart Christie, pendiri Anarchist Black Cross (Palang Hitam Anarkis) dan Cienfuegos Press dan rekan penulis The Floodgates of Anarchy telah meninggal dengan damai setelah berjuang melawan kanker paru-paru.

Lahir di kota Glasgow dan dibesarkan di daerah Blantyre di luar kota Glasgow, Skotlandia. Christie memuji neneknya karena telah membentuk pandangan politiknya, memberinya peta moral dan kode etik yang jelas. Tekadnya untuk mengikuti hati nuraninya membawanya ke anarkisme:

“Tanpa kebebasan tidak akan ada kesetaraan dan tanpa kesetaraan tidak ada kebebasan. Dan tanpa perjuangan, tidak akan ada keduanya.”

Ini juga membawanya dari kampanye perlucutan senjata nuklir untuk kemudian bergabung dalam perjuangan melawan diktator fasis Spanyol, Francisco Franco (1892-1975).

Dia pindah ke London dan berhubungan dengan organisasi anarkis Spanyol di klandestin (di bawah tanah) Defensa Interior (Pertahanan Internal). Dia ditangkap di ibukota Spanyol, Madrid pada tahun 1964 saat membawa bahan peledak untuk digunakan dalam upaya pembunuhan terhadap Franco. Untuk menutupi fakta bahwa ada seorang informan di dalam kelompok tersebut, polisi menyatakan bahwa mereka memiliki agen yang beroperasi di Inggris dan (secara keliru) bahwa Christie telah menarik perhatian terhadap dirinya dengan mengenakan rok.

Ancaman garotte (cekikan ke leher -ed) dan vonis hukuman dua puluh tahun menarik perhatian internasional terhadap adanya perlawanan rakyat kepada rezim Franco. Di penjara Christie menjalin persahabatan yang langgeng dengan militan anarkis dari generasi sebelumnya. Dia kembali dari Spanyol ke Inggris pada tahun 1967, lebih tua dan lebih bijaksana namun tetap bertekad untuk melanjutkan perjuangan dan menggunakan ketenarannya untuk membantu rekan-rekan yang ditinggalkannya.

Di London ia bertemu Brenda Earl yang akan menjadi pasangan hidup politik dan emosionalnya. Dia juga bertemu Albert Meltzer, dan keduanya mendirikan kembali Palang Hitam Anarkis untuk mempromosikan solidaritas dengan tahanan anarkis di Spanyol, dan perlawanan secara lebih luas. Buku mereka, The floodgates of anarchy mempromosikan anarkisme revolusioner yang bertentangan dengan sikap beberapa orang yang telah menjadikan anarkisme sebagai sebuah gerakan perdamaian di tahun-tahun enam puluhan. Pada konferensi internasional anarkis di Carrara tahun 1968, Christie berhubungan dengan generasi baru militan anarkis yang berbagi gagasan dan pendekatan untuk bertindak.

Komitmen politik dan koneksi internasional Christie menjadikannya target untuk badan intelijen Inggris, British Special Branch. Dia sempat ditahan namun dibebaskan dari persekongkolan yang menyebabkan ledakan dalam persidangan “Stoke Newington Eight” tahun 1972. Para juri dalam sidang berpendapat dapat memahami mengapa seseorang ingin meledakkan Franco, dan mengapa hal itu membuat Christie menjadi target langganan “polisi yang berpikiran konservatif”.

Bebas namun mengganggur. Christie meluncurkan Cienfuegos Press yang akan menghasilkan sejumlah besar buku anarkis dan ensiklopedia, Cienfuegos Press Anarchist Review. Secara singkat daerah tinggalnya di kota Orkney menjadi pusat penerbitan anarkis sebelum minimnya arus uang kas mengakhiri proyek tersebut. Christie terus menerbitkan buku, dan menyelidiki cara-cara baru untuk melakukannya termasuk melaluii eBook dan internet. Situs christiebooks.co.uk miliknya memuat banyak film tentang anarkisme dan biografi kaum anarkis. Dia menggunakan facebook untuk membuat arsip sejarah anarkis yang tidak tersedia di tempat lain saat dia menceritakan kenangan dan peristiwa dari kehidupannya sendiri dan kehidupan orang lain.

Christie menulis The investigative researcher’s handbook (buku pegangan penelitian investigatif – 1983), berbagi keterampilan yang ia gunakan dalam pengungkapan teroris fasis Italia Stefano delle Chiaie (1984). Pada tahun 1996, ia menerbitkan versi pertama dari studi sejarahnya We the anarchists: a study of the Iberian Anarchist Federation (FAI), 1927-1937.

Walau percetaknnya hanya berumur pendek namun ia menghasilkan tiga jilid buku bergambar kisah hidupnya (My granny made me an anarchist (Nenek saya menjadikan saya anarkis), General Franco made me a ‘terrorist’ ( Jenderal Franco menjadikan saya ‘teroris’ ) dan Edward Heath made me angry 2002-2004 (Edward Heath membuat saya marah 2002-2004) yang diringkas menjadi satu jilid sebagai Granny made me an anarchist : General Franco, the angry brigade and me (2004) – (Nenek menjadikan saya seorang anarkis: Jenderal Franco, brigade pemarah, dan saya – 2004). Buku terakhirnya adalah tiga jilid ¡Pistoleros! The Chronicles of Farquhar McHarg, kisahnya tentang seorang anarkis Glaswegian yang bergabung dengan kelompok pertahanan diri anarkis Spanyol pada tahun 1918-1924.

Berkomitmen pada anarkisme dan penerbitan, Christie muncul di banyak pameran buku dan festival film, tetapi menepis setiap anggapan bahwa dia datang untuk ‘memimpin’ orang-orang ke suatu arah.

Patner Christie, Brenda, meninggal pada Juni 2019. Dia wadat dengan damai sambil mendengarkan “Pennies From Heaven” (lagu favorit Brenda) ditemani putrinya Branwen.

Stuart Christie, 10 Juli 1946-15 Agustus 2020

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply