Kelompok dan Perhimpunan Affinitas

2 September 2012

Kelompok Affinitas

Sebuah kelompok affinitas adalah sebuah kelompok kecil yang terdiri atas 5 sampai 20 orang yang bekerja bersama-sama secara otonom pada proyek aksi langsung ataupun proyek-proyek lainnya. Kamu bisa membentuk sebuah kelompok affinitas dengan teman-temanmu, dengan orang-orang dari komunitasmu, tempat kerjamu, ataupun organisasimu.

Kelompok affinitas menantang bentuk pengambilan keputusan dan pengorganisasian top-down (instruksi dari atas ke bawah), dan memberdayakan orang-orang yang terlibat untuk melakukan aksi langsung yang kreatif. Kelompok affinitas memungkinkan orang-orang untuk “menjadi” tindakan yang ingin mereka lihat dengan menyerahkan kebebasan penuh dan wewenang pengambilan keputusan kepada kelompok affinitas tersebut. Kelompok affinitas bersifat terdesentralisasi dan non-hirarkis—dua prinsip penting dalam pengorganisasian dan aksi anarkis.

Model kelompok affinitas pertama kali digunakan oleh kaum anarkis di Spanyol pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dan diintrodusir kembali menjadi aksi langsung radikal oleh aktivis-aktivis anti-nuklir sepanjang era 1970-an yang menggunakan aksi langsung non-kekerasan yang terdesentralisasi untuk memblokade jalan-jalan, menduduki ruang-ruang dan mengganggu “kegiatan sehari-hari” para pembuat nuklir dan perang di Amerika Serikat. Kelompok affinitas memiliki sejarah yang panjang dan menarik, yang ini cukup besar adalah berkat andil kaum anarkis dan pekerja Spanyol serta kaum anarkis dan kaum radikal di masa kini yang menggunakan kelompok affinitas, struktur non-hirarkis, dan pengambilan keputusan secara konsensus dalam aksi langsung dan pengorganisasian.

Peran-peran dalam Kelompok Affinitas

Ada banyak peran yang mungkin diisi oleh seseorang. Peran-peran ini meliputi:

  • Kedokteran—Sebuah kelompok affinitas mungkin ingin punya seseorang yang merupakan dokter jalanan terlatih, yang bisa menangani urusan-urusan kedokteran atau kesehatan selama berlangsungnya aksi.
  • Pengamat hukum—Kalau belum ada pengamat hukum untuk sebuah aksi, barangkali penting untuk punya orang-orang yang tidak terlibat dalam aksi, yang bertanggung jawab untuk mencatat tindakan polisi dan pelanggaran terhadap hak-hak aktivis.
  • Media—Kalau kamu melakukan sebuah aksi yang berencana untuk menarik perhatian media, seseorang dalam kelompok affinitas bisa diberdayakan untuk berbicara kepada media dan bertindak sebagai juru bicara.
  • Peri Aksi/Vibes-watcher—Ini adalah seseorang yang akan membantu dengan penyegaran umum bagi kelompok tersebut: air minum, pijatan, dan menyemangati dengan memulai sebuah nyanyian atau sorakan. Ini bukanlah peran yang sangat diperlukan, tetapi mungkin berguna khususnya dalam aksi-aksi yang berlangsung sepanjang hari dimana orang-orang kemungkinan lelah atau kondisi emosinya memburuk seiring berjalannya waktu.
  • Lalulintas—Kalau ini adalah sebuah kelompok affinitas yang sedang berjalan, mungkin perlu untuk punya orang-orang yang diberdayakan untuk menghentikan mobil di perlintasan-perlintasan, dan secara umum untuk menjaga keselamatan orang-orang di jalan dari bahaya terserempet mobil dan kendaraan lainnya.
  • Anggota yang bisa ditangkap—Ini tergantung pada aksi langsung macam apa yang sedang kamu lakukan. Beberapa aksi mungkin memerlukan sejumlah orang yang bersedia untuk tertangkap, atau beberapa bagian dari sebuah aksi mungkin memerlukan sejumlah minimal peserta yang bisa ditangkap. Dalam masing-masing hal itu, adalah penting untuk mengetahui siapa yang sedang melakukan aksi dan siapa yang merencanakan untuk tertangkap.
  • Dukungan ke Penjara—Sekali lagi, ini hanya jika kamu punya sebuah kelompok affinitas yang punya orang-orang yang tertangkap. Orang ini punya segala informasi kontak orang-orang yang ditangkap dan akan datang ke penjara, berbicara dan bekerja bersama-sama pengacara, mencari tahu siapa yang tertangkap, dan lain-lain.

Bagaimana Memulai Sebuah Kelompok Affinitas

Sebuah kelompok affinitas bisa berupa suatu hubungan yang berlangsung selama bertahun-tahun di antara sekelompok teman dan aktivis, atau ia bisa berupa suatu hubungan selama satu minggu yang berbasiskan sebuah aksi tunggal. Dalam masing-masing hal itu, adalah penting untuk bergabung dengan sebuah kelompok affinitas yang paling cocok dengan dirimu dan kepentingan-kepentinganmu.

Kalau kamu ingin membentuk sebuah kelompok affinitas di kota atau di kampungmu, carilah teman-teman atau rekan-rekan aktivis yang memiliki kepentingan-kepentingan isu serupa, dan dengan demikian akan ingin bergerak untuk aksi-aksi yang serupa. Juga, carilah orang-orang yang akan mau menggunakan taktik-taktik serupa—kalau kamu ingin melakukan aksi mengunci diri yang berisiko relatif tinggi, maka seseorang yang tidak mau berada dalam situasi itu mungkin tidak mau berada dalam kelompok affinitas ini. Orang itu bisa melakukan kerja media atau pengobatan, namun ini mungkin bukan yang paling baik kalau mereka samasekali tidak cocok dengan taktik-taktik aksi langsung tertentu.

Kalau kamu ingin bergabung dengan sebuah kelompok affinitas di sebuah aksi massa, pertama-tama carilah kelompok affinitas mana yang membuka diri untuk anggota baru, dan mana yang sudah tertutup bagi anggota baru. Bagi banyak orang, kelompok affinitas didasarkan atas hubungan yang saling percaya berbasiskan pertemanan dan kerjasama selama bertahun-tahun, sehingga mungkin mereka tidak menginginkan orang yang tidak mereka kenal untuk masuk ke dalam kelompok affinitas mereka. Begitu kamu menemukan kelompok-kelompok affinitas yang membuka diri, pilihlah kelompok affinitas yang punya kepentingan isu ataupun taktik aksi yang kamu tertarik terhadapnya, misalnya sebuah kelompok affinitas Pembebasan Tibet atau sebuah kelompok affinitas blokade.

Apa yang Bisa Dilakukan oleh Sebuah Kelompok Affinitas?

Apapun!!! Kelompok affinitas bisa digunakan untuk aksi yang berskala massif ataupun yang berskala kecil. Kelompok affinitas bisa digunakan untuk menurunkan spanduk/bendera, memblokade jalan, menyediakan dukungan bagi kelompok-kelompok affinitas lainnya, mementaskan teater jalanan, memenuhi jalan dengan mengendarai sepeda beramai-ramai, mengorganisir aksi pendudukan pohon, mengubah isi tulisan di sebuah papan iklan yang besar, memainkan musik dalam sebuah marching band radikal ataupun bernyanyi dalam sebuah paduan suara revolusioner, dan lain-lain… Bahkan bisa ada kelompok-kelompok affinitas yang mengemban tugas-tugas tertentu dalam sebuah aksi. Sebagai contoh, bisa ada sebuah kelompok affinitas yang berkelana, yang terdiri atas dokter-dokter jalanan, atau sebuah kelompok affinitas yang membawa makanan dan air minum untuk orang-orang di jalanan.

Yang membuat kelompok affinitas menjadi begitu efektif untuk aksi-aksi ialah bahwa, kelompok affinitas bisa tetap kreatif dan independen, dan merencanakan aksi mereka sendiri tanpa ada sebuah organisasi atau seorang yang mendikte mereka mengenai apa yang bisa dan yang tak bisa dilakukan. Jadi, ada jumlah kemungkinan yang tak terhingga untuk apa yang bisa dilakukan oleh kelompok affinitas. Kreatiflah dan ingatlah: aksi langsung itu mendatangkan hasil yang baik!

Perhimpunan

Sebuah perhimpunan adalah berhimpunnya kelompok-kelompok affinitas yang bertemu untuk bekerjasama pada sebuah tugas tertentu atau bagian tertentu dari satu aksi yang lebih besar. Jadi, sebuah perhimpunan mungkin bertanggung jawab untuk memblokade sebuah wilayah, mengorganisir aksi satu hari atau aksi beberapa hari, atau bersama-sama merancang dan mementaskan sebuah penampilan teater jalanan massal. Perhimpunan bisa diorganisir di sekitar wilayah dari mana kelompok-kelompok affinitas berasal (misalnya: perhimpunan Texas), di seputar isu ataupun identitas (misalnya: perhimpunan mahasiswa, atau perhimpunan anti-sweatshop[1]), atau di seputar kepentingan aksi (misalnya: teater jalanan ataupun aksi mengunci diri).



Catatan Kaki
  1. Sweatshop = tempat yang mempekerjakan buruh dengan sedemikian memeras tenaga mereka, namun membayar mereka dengan upah rendah. [^]

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>